Skip to main content

Kelistrikan beat esp mati total. Ini solusinya

Kelistrikan beat esp mati total. Ini solusinya

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr wb 

Channel youtube : TDY

Memodifikasi sepeda motor ialah hal yang sering dilakukan setiap pengguna sepeda motor. Dari modifikasi pada kelistrikan misalnya lampu tambahan, double klakson, hazard, alarm dan lainnya. Modifikasi mesin dengan cara bore up, stroke up, upgrade injector dan lainnya. Modifikasi visual / tampilan misalnya step bar, shock braker, velg, knalpot dan banyak lagi.
Semua pengendara memang ingin terlihat tampil wah, tampil keren ketika mengendarai tunggangannya. Tapi harus diperhatikan juga dari segi keselamatan dan keamanan dalam berkendaranya jangan sampai kita modifikasi sepeda motor kita, malah membuat kita tidak aman dan tidak nyaman dalam berkendara.

Motor matic beat esp sekarang sangat laris manis dipasaran, hampir setiap motor dipakai di jalanan itu beat esp. Mungkin karena harganya yang murah ataupun rampingnya sehingga nyaman untuk dikendarai. Kelistrikan pada sepeda motor beat esp sudah sangat aman / safety sekali, semua jalur kelistrikannya dilengkapi fuse / sekring dengan masing-masing arusnya. Pada kasus dimana beat esp dengan kelistrikan mati total saat berkendara, hal ini sangat menjengkelkan pengendara beat esp karena bisa saja kita ketika pergi bekerja atau pun ada keperluan mendesak tiba-tiba motor kita mati dan kelistrikannya mati total.

Penyebab dari mati totalnya kelistrikan di beat esp ini bisa terjadi karena adanya konsleting pada jalur / kabel listrik. Kenapa bisa terjadi konsleting listrik pada kabel? Ini bisa terjadi atau biasanya adanya modifikasi di kelistrikan motor beat esp kita yang mengandalkan jumper listrik dari tengah jalur kabel, hal kecil ini bisa menyebabkan konslet listrik pada motor beat esp kita. Terkadang instalasinya oun sembarangan tanpa menggunakan roll tape khusus untuk kabel listrik sehingga listrik bocor dan menyebabkan konslet.

Kelistrikan pada motor beat esp akan mati total jika ada konslet sedikit pun pada rangakain listriknya karena ini amannya beat esp dilengkapi sekring tadi. Jadi jika ada konslet listrik pada beat esp sekring akan bekerja dan memutuskan aliran listrik dan sekring akan putus dan harus diganti.
Sebelum mengganti cek dulu mana kabel atau jalur kelistrikan yang konslet pastikan sudah dalam kondisi aman kembali jalur listriknya baru si sekring diganti.

Kesimpulannya kelistrikan beat esp mati total penyebabnya ialah 
1. Jalur listrik yang dimodifikasi dicek dan diperbaiki
2. Ganti dan cek sekring yang terhubung ke jalur listrik yang dimodifikasi / jumper
3. Pastikan jika memodifikasi pada kelistrikan instalasi harus rapih agar tidak terjadi konsleting listrik. 

Trik jika sekring cadangan tidak ada / habis kita bisa jumper sekring untuk sementara waktu menggunakan beberapa helai kabel serabut. Caranya Lihat gambar

Lihat artikel lainnya :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih