Skip to main content

Apa penyebab cvt beat fi ngeretek? Ini penyebab dan solusinya




Dijaman  sekarang  scooter  matic  jadi  dambaan  maupun  prioritas  setiap orang. Salah  satunya  beat  fi .motor  matic  keluaran  honda  ini  memang  sangat  laris  dipasaran. Disamping  harganya  yang  relatif  murah  motor  matic  beat  fi  ini  terbilang  lincah  dan irit  bagi  penggunanya. Motor matic memang sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup dijan sekarang. Mayoritas  penggunanya  yaitu  ibu-ibu, untuk mengantar anak sekolah, belanja ke pasar,  tapi  banyak  juga  kaula  muda  yang  memakainya  bahkan  memodifikasi  beat  fi  tersebut  secantik  mungkin, yang disebut biasanya model thailook. 
Kembali  ke  topik.  Apa  penyebebab  cvt  beat  fi  ngeretek?
Tedeye.blogspot.com
Cvt  adalah  suatu  kesatuan  komponen  yang  meneruskan  putaran  dari  mesin  ke roda  belakang.  Dengan  bantuan v belt.  Masalah  yang  di alami  kali  ini  adalah  suara  yang  tak  nyaman  dari  cvt  tersebut.

Penyebebab  suara  ngeretek  tersebut  yaitu  dari  ass  pulley  secondary / belakang  yang  di ujung  ass  tersebut  terdapat o ring / karet  bulat. O ring  tersebut  sangat  mudah  aus  dan  jika  aus  ia  akan  bertubrukan  dengan  bearing  yang  ada  di blok  cvt.  Ini  yang  menyebabkan  suara  berisik  tersebut.
Solusinya  yaitu  dengan  mengganti o ring  tersebut .namun  itu  takan  bertahan  lama  karena  akan  aus  lagi.  Solusi  terbaik  yaitu  dengan  mengganti  ass  tersebut . Tapi  jangan  asal  ganti  karena  tiap  variant  berbeda.  Ass  pulley  beat  fi  yang  menggunakan o ring  sama  dengan  ass  pulley  belakang  vario  110  lama.  Dengan  menggantinya  akan  hilang  suara  berisik  tersebut.  Sekalian  sama  bearing  blok  cvt nya  ya.
Perkiraan  harga  ass  pulley  sekitar  130rbu  dan  bearing  50rbu .  Biaya  ganti  50rbu.  Cukup  menguras  kantong.  Tapi  hasilnya... mantap  tak  ada  suara  ngeretek  lagi
Demikian  pengalaman  saya  tentang  beat  fi  dengan  cvt  ngeretek, untuk kondkon lannya mungkin bisa terjadi pada komponen lain jika memang penyebab suara ngereten bukan dari O ring tersebut.
Bisa saja dari kampas kopling nya. Bisa dilihat disini. Ataupun dari roller bisa juga klik disini

Catatan : tips ini hanya berlaku untuk Honda Beat fi 2013 dan 2014 dengan shaft yang menggunakan sistem O ring. 

Comments

  1. Thanks gan untuk sharingnya, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. Gan di bengkel mmg banyak kah yang Jual ass puley vario 110

    ReplyDelete
  3. Gan kalo bawaan nya ass yg ada oring nya terus di ganti yg gak ada oring nya bisa gak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih