Skip to main content

Cara mengakali roller peang, beAt esp

Pada dasarnya kendaraan scooter matic itu bekerja melalui sebuah sekumpulan komponen yang dirancang untuk saling menghubungkan satu sama lain dan terkoneksi sehingga menghasilkan putaran dan tenaga yang sudah diatur rasio perpindahan tenaganya, sistem ini disebut Continously variable transmission atau disingkat CVT. Sistem yang mutakhir ini sangat sangat bagus sekali dijaman sekarang. Hampir semua pengendara di jaman sekarang menggunakan sepeda motor tipe matic yang menggunakan sistem cvt. Penggunaannya pun sangat simple dan nyaman. Selain itu perwatannya pun terbilang cukup mudah dan sederhana. Sehingga banyak pengguna sepeda motor matic karena kesederhanaannya dan nyaman digunakan disegala medan perjalanan.

Kasus yang terjadi pada sepeda motor matic biasanya pada komponen komponen yang berada di sistem yang tadi kita bahas diatas yaitu berada di CVT. Dalam kasusnya biasanya terjadi slip, bunyi decit, bunyi kretek, dan lainnya. Kita akan bahas satu masalah yang dialami oleh motor matic, yang sering kali kasus ini terjadi pada motor matic yang dipakai harian dengan jarak sekitar kurang lebih 15 km sampai 20 km. Kasus tersebut adalah ausnya salah satu komponen yang berada di dalam sistem CVT tadi yaitu Roller.

Tedeye.blogspot.com
Roller adalah salah satu komponen pada rangkaian Cvt yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dan putaran dari crank shaft atau poros engkol dari mesin ke v belt dan seterusnya. Roller berada di dalam pulley bagian depan CVT, dengan jumlah 6 buah dan berbentuk tabung dengan lubang di tengahnya. Selengkapnya disini. Mengenal sistem transmisi cvt pada motor matic 
Jika roller ini aus maka kinerja CVT akan sedikt terhambat dan tenaga akan berkurang ketika disuplai ke roda. Pada saat kendaraan melaju pun akan terdengar bising kretek kretek pada pulley bagian depan CVT. Roller yang aus biasanya kondisi si part berubah dari bulat menjadi agak kotak karena aus oleh gesekan.
Penyebab cvt berisik pada beat

Dalam hal ini saya akan sedikit berbagi cara bagaimana cara mengakali ketika roller pada sepeda motor matic kita aus.
Pertama kita cek terlebih dahulu roller yang aus dari yang terparah sampai yang masih lumayan bulat, kemudian ketika ada roller yang masih lumayan bulat lebih dari 3 atau 4 maka aman ketika kita sedang bongkar motor atau servis sendiri. mungkin caraini terlihat ekstrim tapi ini sangat membantu bagi kita yang rumah kita jauh dari bengkel atau ketika kita tak ada uang untuk membeli roller tersebut. Kita bisa gunakan roller yang standarnya menggunakan 6 buah roller, kita gunakan 3 atau 4 atau 5 buah roller yang masih terbilang bulat. apakah cara ini? aman. karena saya pun mengalaminya dan mempraktekan hal tersebut.
Jika menggunakan roller 3 pasang seperti bentuk segitiga, roller saling bersebrangan.  jika 5 buah roller kita bebas mau mana yang akan dikosongkan.

Kondisi seperti ini hanya dapat dilakukan ketika benar-benar kita dalam keadaan kepepet tidak bisa  beli roller. Menggunakan roller yang tidak pada semestinya memang tidak terlalu menjadi masalah untuk motor matic kita. Ini sangat aman dan tidak akan berdampak kepada kerusakan pada sepeda motor matic kita.

Sekian tips yang bisa saya bagikan. Terkait mengakali jumlah roller yng dipakai ketika roller sudah tidak bulat lagi. Tapi lakukan ini hanya ketika darurat saja. Ketika servis selanjutnya sebaiknya sudah menyiapkan roller baru untuk menggantinya.


Comments

  1. ayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih