Skip to main content

Cara servis CVT beAt esp / FI


Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr wb 

Channel youtube : TDY
Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis.

Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI.


Alat yang diperlukan untuk servis cvt.
1. Kunci T8
2. Kunci shock 17 & 22
3.Tracker
4. Kunci ring 39/41
5. Obeng min
6. Palu
7. Ampelas
8. Majun / lap

Langkah-langkah membongkar cvt.
1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman dan aman.

2. Lepas baut 8 yang ada di blok / cover cvt, kemudian lepas blok / cover cvt, jika sulit cungkil menggunakan Obeng min.

3. Lepas baut 22 yang ada di pulley depan cvt. Gunakan baut 8 untuk menahan agar pulley depan tidak berputar saat dikendurkan / dilepas. Lepas mundur kipas pendingin, pulley, v belt beserta rumah roller. Dan lepas / bongkar bagian rumah roller sehingga roller terbongkar.

4. Lepas baut 17 menggunakan kunci shock 17 pada pulley belakang cvt dan untuk menahan putaran pulley belakang kita gunakan tracker. Setelah lepas tarik lepas rumah kopling, dan pulley set belakang.


6. Setelah semuanya terlepas, sekarang kita bongkar pulley set belakang cvt dengan menggunakan kunci ring 39/41, tahan dengan cara diinjak dan palu kunci ring ke arah berlawanan jarum jam untuk melepas mur nya. Pulley belakang,  kopling otomatis, pegas / per telah terlepas.



7.  Sekarang kita bongkar pulley belakang dengan menggunakan palu dan obeng min untuk mencungkil selongsong penutup pin slider. Setelah itu lepas pin Dan sekarang kondisi semua komponen sudah terlepas.

Langkah servis cvt  / pembersihan komponen cvt. 



Pertama untuk memulai servis cvt kita mulai dari bagian depan terlebih dahulu yaitu bersihkan roller, rumah roller, kipas, pulley dengan menggunakan kuas dan bensin.
Note : untuk komponen berbahan karet jangan dicuci dengan bensin.
Cek roller apakah sudah aus atau masih bulat. Jika suda aus lakukan penggantian.



Kedua, bersihkan pulley belakang, pin slider, pegas / per dan rumah kopling menggunakan kuas dan bensin.
Untuk kampas kopling otomatis sendiri cukup diampelas saja bagian kampasnya. Untuk bagian per koplingnya bersihkan menggunakan kuas dan bensin.
Cek pulley, kampas dan rumah kopling apakah sudah aus jika aus lakukan penggantian dengan yang baru.
Baca artikel lainnya :
Cara membersihkan kampas kopling otomatis beat esp

Ketiga, cek v belt dengan cara menekuk bagian dalamnya apakah sudah retak parah yang mungkin mengakibatkan terputus atau masih aman. Jika sudah retak parah ganti dengan yang baru.


Keempat, bersihkan ruang cvt dan blok cvt menggunakan kuas dan bensin dan lap semuanya menggunakan majun.

Setelah semuanya bersih kita tinggal melakukan perakitan kembali komponen komponen cvtnya.

Langkah perakitan
Pertama kita lakukan dari depan, tata kembali roller pada rumah roller dan tutup dengan slider,kemudian pasang pada shaft depan disambung dengan v belt dan pulley beserta kipas dan ring bautnya, kencangkan menggunakan kunci 22.

Kedua, rakit terlebih dahulu pulley belakang nya. Kedua belah pulley, pin slider dan selongsongnya. Kemudian per / pegas dan set kopling otomatis di tekan dan di baut lagi dengan kunci ring 39/41.

Ketiga, pasang pulley set belakang ke shaft gardan, pasangkan juga v belt nya dan dilanjut dengan rumah koplingnya juga, kemudian pasang ring dan baut, kencangkan.


Setelah semua selesai, coba dahulu dengan menyalakan mesin dan coba gas perlahan, apakah semuanya berjalan normal atau tidak. Jika tidak ulangi dari awal cek sati per satu. Jika sekiranya normal langsung pasangkan blok cvt dan baut baut 8 nya.

Test drive kendaraan kita dan alhamdulillah selesai. Semoga membantu, terima kasih.

Comments

  1. WA : +85587781483

    ayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih