Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr wb
Link blog : Tedeye.blogspot.com
Channel youtube : TDY
Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan, itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis.
Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI.
Alat yang diperlukan untuk servis cvt.
1. Kunci T8
2. Kunci shock 17 & 22
3.Tracker
4. Kunci ring 39/41
5. Obeng min
6. Palu
7. Ampelas
8. Majun / lap
Langkah-langkah membongkar cvt.
1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman dan aman.
2. Lepas baut 8 yang ada di blok / cover cvt, kemudian lepas blok / cover cvt, jika sulit cungkil menggunakan Obeng min.
3. Lepas baut 22 yang ada di pulley depan cvt. Gunakan baut 8 untuk menahan agar pulley depan tidak berputar saat dikendurkan / dilepas. Lepas mundur kipas pendingin, pulley, v belt beserta rumah roller. Dan lepas / bongkar bagian rumah roller sehingga roller terbongkar.
4. Lepas baut 17 menggunakan kunci shock 17 pada pulley belakang cvt dan untuk menahan putaran pulley belakang kita gunakan tracker. Setelah lepas tarik lepas rumah kopling, dan pulley set belakang.
6. Setelah semuanya terlepas, sekarang kita bongkar pulley set belakang cvt dengan menggunakan kunci ring 39/41, tahan dengan cara diinjak dan palu kunci ring ke arah berlawanan jarum jam untuk melepas mur nya. Pulley belakang, kopling otomatis, pegas / per telah terlepas.
7. Sekarang kita bongkar pulley belakang dengan menggunakan palu dan obeng min untuk mencungkil selongsong penutup pin slider. Setelah itu lepas pin Dan sekarang kondisi semua komponen sudah terlepas.
Langkah servis cvt / pembersihan komponen cvt.
Pertama untuk memulai servis cvt kita mulai dari bagian depan terlebih dahulu yaitu bersihkan roller, rumah roller, kipas, pulley dengan menggunakan kuas dan bensin.
Note : untuk komponen berbahan karet jangan dicuci dengan bensin.
Cek roller apakah sudah aus atau masih bulat. Jika suda aus lakukan penggantian.
Kedua, bersihkan pulley belakang, pin slider, pegas / per dan rumah kopling menggunakan kuas dan bensin.
Untuk kampas kopling otomatis sendiri cukup diampelas saja bagian kampasnya. Untuk bagian per koplingnya bersihkan menggunakan kuas dan bensin.
Cek pulley, kampas dan rumah kopling apakah sudah aus jika aus lakukan penggantian dengan yang baru.
Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan, itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis.
Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI.
Alat yang diperlukan untuk servis cvt.
1. Kunci T8
2. Kunci shock 17 & 22
3.Tracker
4. Kunci ring 39/41
5. Obeng min
6. Palu
7. Ampelas
8. Majun / lap
Langkah-langkah membongkar cvt.
2. Lepas baut 8 yang ada di blok / cover cvt, kemudian lepas blok / cover cvt, jika sulit cungkil menggunakan Obeng min.
3. Lepas baut 22 yang ada di pulley depan cvt. Gunakan baut 8 untuk menahan agar pulley depan tidak berputar saat dikendurkan / dilepas. Lepas mundur kipas pendingin, pulley, v belt beserta rumah roller. Dan lepas / bongkar bagian rumah roller sehingga roller terbongkar.
4. Lepas baut 17 menggunakan kunci shock 17 pada pulley belakang cvt dan untuk menahan putaran pulley belakang kita gunakan tracker. Setelah lepas tarik lepas rumah kopling, dan pulley set belakang.
6. Setelah semuanya terlepas, sekarang kita bongkar pulley set belakang cvt dengan menggunakan kunci ring 39/41, tahan dengan cara diinjak dan palu kunci ring ke arah berlawanan jarum jam untuk melepas mur nya. Pulley belakang, kopling otomatis, pegas / per telah terlepas.
7. Sekarang kita bongkar pulley belakang dengan menggunakan palu dan obeng min untuk mencungkil selongsong penutup pin slider. Setelah itu lepas pin Dan sekarang kondisi semua komponen sudah terlepas.
Langkah servis cvt / pembersihan komponen cvt.
Pertama untuk memulai servis cvt kita mulai dari bagian depan terlebih dahulu yaitu bersihkan roller, rumah roller, kipas, pulley dengan menggunakan kuas dan bensin.
Note : untuk komponen berbahan karet jangan dicuci dengan bensin.
Cek roller apakah sudah aus atau masih bulat. Jika suda aus lakukan penggantian.
Kedua, bersihkan pulley belakang, pin slider, pegas / per dan rumah kopling menggunakan kuas dan bensin.
Untuk kampas kopling otomatis sendiri cukup diampelas saja bagian kampasnya. Untuk bagian per koplingnya bersihkan menggunakan kuas dan bensin.
Cek pulley, kampas dan rumah kopling apakah sudah aus jika aus lakukan penggantian dengan yang baru.
Baca artikel lainnya :
Cara membersihkan kampas kopling otomatis beat esp
Ketiga, cek v belt dengan cara menekuk bagian dalamnya apakah sudah retak parah yang mungkin mengakibatkan terputus atau masih aman. Jika sudah retak parah ganti dengan yang baru.
Keempat, bersihkan ruang cvt dan blok cvt menggunakan kuas dan bensin dan lap semuanya menggunakan majun.
Setelah semuanya bersih kita tinggal melakukan perakitan kembali komponen komponen cvtnya.
Langkah perakitan
Pertama kita lakukan dari depan, tata kembali roller pada rumah roller dan tutup dengan slider,kemudian pasang pada shaft depan disambung dengan v belt dan pulley beserta kipas dan ring bautnya, kencangkan menggunakan kunci 22.
Kedua, rakit terlebih dahulu pulley belakang nya. Kedua belah pulley, pin slider dan selongsongnya. Kemudian per / pegas dan set kopling otomatis di tekan dan di baut lagi dengan kunci ring 39/41.
Ketiga, pasang pulley set belakang ke shaft gardan, pasangkan juga v belt nya dan dilanjut dengan rumah koplingnya juga, kemudian pasang ring dan baut, kencangkan.
Setelah semua selesai, coba dahulu dengan menyalakan mesin dan coba gas perlahan, apakah semuanya berjalan normal atau tidak. Jika tidak ulangi dari awal cek sati per satu. Jika sekiranya normal langsung pasangkan blok cvt dan baut baut 8 nya.
Test drive kendaraan kita dan alhamdulillah selesai. Semoga membantu, terima kasih.
Ketiga, cek v belt dengan cara menekuk bagian dalamnya apakah sudah retak parah yang mungkin mengakibatkan terputus atau masih aman. Jika sudah retak parah ganti dengan yang baru.
Keempat, bersihkan ruang cvt dan blok cvt menggunakan kuas dan bensin dan lap semuanya menggunakan majun.
Setelah semuanya bersih kita tinggal melakukan perakitan kembali komponen komponen cvtnya.
Langkah perakitan
Pertama kita lakukan dari depan, tata kembali roller pada rumah roller dan tutup dengan slider,kemudian pasang pada shaft depan disambung dengan v belt dan pulley beserta kipas dan ring bautnya, kencangkan menggunakan kunci 22.
Kedua, rakit terlebih dahulu pulley belakang nya. Kedua belah pulley, pin slider dan selongsongnya. Kemudian per / pegas dan set kopling otomatis di tekan dan di baut lagi dengan kunci ring 39/41.
Ketiga, pasang pulley set belakang ke shaft gardan, pasangkan juga v belt nya dan dilanjut dengan rumah koplingnya juga, kemudian pasang ring dan baut, kencangkan.
Setelah semua selesai, coba dahulu dengan menyalakan mesin dan coba gas perlahan, apakah semuanya berjalan normal atau tidak. Jika tidak ulangi dari awal cek sati per satu. Jika sekiranya normal langsung pasangkan blok cvt dan baut baut 8 nya.
Test drive kendaraan kita dan alhamdulillah selesai. Semoga membantu, terima kasih.
WA : +85587781483
ReplyDeleteayo daftarkan diri anda di 4g3n365*c0m :D
WA : +85587781483