Skip to main content

Cara mudah mengganti Filter Fuel Pump BeAt ESP Sendiri di rumah

 Cara mudah mengganti filter fuel pump Beat ESP sendiri di rumah

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Assalamu'alaikum wr wb

Link blog : Tedeye.blogspot.com

Channel youtube : TDY

Cara mudah mengganti filter fuel pump Beat ESP sendiri di rumah sangat bisa dilakukan karena untuk mengganti Filter fuel pump Beat ESP sendiri ini tergolong cukup mudah dan tidak perlu menggunakan banyak alat atau kunci-kunci bengkel. Untuk mengganti Filter fuel pump BEat ESP hanya memerlukan dua buah alat yaitu Kunci T10 atau bisa menggunakan Kunci Shock 10 juga dan satunya lagi menggunakan Obeng +-. Hanya dua buah alat saja yang diperlukan untuk mengganti filter fuel pump BeAt ESP ini.

Pada sepeda motor BEat ESP pergantian Filter fuel pump ini biasanya dilakukan setelah sekitar 40000 KM jarak yang sudah ditempuh. Oleh karena itu perlu sekali untuk mengganti filter fuel pump karena dikhawatirkan jika tidak segera diganti filter fuel pumpnya akan merusak Fuel pump / Pompa bensin itu sendiri karena tersumbat saat memompa bahan bakar ke injector. 


Untuk harga Filter fuel pump sendiri ini cukup beragam dalam online shop dari harga Rp 9.000 sampai dengan Rp 25.000 , Yang lebih pastinya jika ingin produk filter fuel pump yang asli belilah di Dealer resmi Honda atau AHASS. Dan jika Fuel pumpnya yang rusak kaibat telat ganti filter fuel pump itu bisa merogoh kocek sekitar Rp 300.000 kurang lebih, Lumayan juga kan harga fuel pump.


Cara mudah mengganti filter fuel pump Beat ESP sendiri di Rumah.

Siapkan alatnya berupa Kunci T10 / Kunci Shock dan Obeng plus / minus. Siapkan juga majun atau lap untuk persediaan jika ada ceceran bahan bakar / bensin.


Buka kunci Jok motor Beat ESP dan lepas Scrup 2 buah pada cover Fuel pump beserta clip penguncinya (Caranya area tengahnya didorong dengan Obeng sampai klik)


Setelah cover terlepas, Lepas Tutup Bahan bakar dan juga Karet pelindungnya.


Lepas Baut yang ada empat pada Fuel pump, lepas beserta braketnya.


Angkat perlahan Fuel pumnya, Angkat mengikuti alur Lubang Fuel pump sampai ke pelampung Bahan bakar ( Pelan saja agar tidak merusak Fuel pumpnya)


Setelah Fuel pump terangkat Lepas Konektor kabel (cungkil menggunakan obeng min) dan Konektor selang bahan bakar (Tekan ke arah dalam penguncinya)



Lepas Filter fuel pump (putar kearah berlawanan jarum jam sampai bunyi klik) dan filter siap diganti dengan yang baru.


Pasang Filter fuel pump Putar searah dengan jarum jam (Ring karet yang ada di filter baru buang saja dan gunakan ring karet bawaannya saja) sampai buni klik dan benar-benar mengunci.


PAsang kembali rangkaian Fuel pump kedalam tangki secara perlahan (perhatiakan karet ring harus dengan posisi yang benar agar tidak terjadi kebocoran)


Pasang kembali Braket dan bautnya

Dan Test nyalakan terlebih dahulu setelah ganti filter fuel pump

Pasang semua kembali cover, karet pelindung dan tutup bahan bakarnya.

Test Drive apakah OK atau ada kendala. JIka ada yang aneh ulangi step diatas.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih