Skip to main content

Cara mudah tune up beat fi sendiri

Cara mudah tune up BeAt street 2017

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum

Beat street adalah skuter matik dari brand sepeda motor ternama yang sangat laris dipasaran tanah air ini yaitu Honda.
Dalam hal ini Honda mengeluarkan model Beat Street untuk memberi sesuatu yang baru dalam produksi sepeda motor jenis skusku matik. Keberadaan skuter matik Beat street ini sangat disambut cukup antusias oleh beberapa pengguna setia motor matik karena memang ada perbedaan terutama dari segi stir yaitu menggunakan stir naked atau telanjang seperti moge naked pada umumnya dan dilengkapi speedometer digital yang elegan.

Disini saya akan membahas sedikit tentang cara mudah tune up / servis BeAt Street 2017. Tune up adalah hal yang sangat harus dilakukan pada setiap sepeda motor karena demi menjaga ketahanan mesin motor, kenyamanan berkendara dan lebih ke panjangnya usia sepeda motor matik tersebut. Tune up / servis BeAt Street 2017 ini terbilang sama saja dengan beat fi keluaran 2013 dan seterusnya karena model mesin yang hampir sama hanya ada beberapa sedikit modifikasi atau perbaikan dari beat fi yang lama.

*jika perlu bersihkan juga bagian cvt nya agar lebih jos tarikan motor beat fi kita.dsn ini beberapa artartinya. Silakan diklik
Ciri-ciri kampas kopling otomatis beat sudah aus
Cara mudah mengganti roller beat
Mengenal sistem transmisi cvt pada motor matic
Cara mengganti kampas kopling otomatis beat 

Kita akan langsung ke pembahasan utama yaitu cara mudah tune up / servis BeAt Street 2017.

Siapkan Alat-alat untuk tune up Beta street.
1. Obeng plus + dan minus -
2. Kunci T 8 / Kunci shock 8
3. Kunci pas 12
4. Kunci T 10 / Kunci shock 10
5. Lap majun
6. Kuas kecil / Sikat gigi tidak terpakai

Kita lanjut ke proses tune up Beat street 2017.
Cara bongkar dan membersihkan Throttle



Tahap pertama, Buka Cover yang terdapat tepat dibawah jok motor beat street kita, dengan menggunakan Obeng plus +. Selanjutnya Lepas Jok Motor Beat Street kita juga Dengan membuka baut yang teradapat pada Bagasi ada dua baut, lepaskan menggunakan kunci T 10 / Kunci shock 10.
Setelah itu angkat jok bersamaan dengan bagasinya.


Sekarang lepaskan bodi samping kanan kiri. Dimulai dari melepas cover tangki menggunakan Obeng plus +, lepaskan behel belakang menggunakan kunci shock 12, lanjut lepaskan baut ukuran 10 yang ada di bagian lampu belakang. Kemudian lepas juga screw yang ada di bodi samping kanan kiri. Dan lepas perlahan bodi beat street nya ke arah belakang. Tahap membongkar bodi selesai.


Kedua ketahap, bongkar bagian throttle.
  1. Lepaskan dahulu kabel gas yang tersambung ke throttle menggunakan kunci pas 12. Setelah itu lepaskan juga intake manifold yang tersambung ke bagian filter udara menggunakan Obeng plus.
  2. Lepaskan injector menggunakan kunci T 10 / Kunci shock 10 dan segera tutup injector menggunakan kain atau plastik agar tidat rusak atau tersumbat debu.
  3. Lepaskan socket kabel yang terhubung ke throttle, lakukla secara perlahan agar tidak merusak socket tersebut. 
  4. Lepaskan dua mur yang terdapat pada intake manifold ke body silinder / body mesin menggunakan kunci T 10. 
  5. Angkat perlahan throttle dan segera tutup lubang ke arah intake manifold mesin menggunakan kain lap majun bersih.


Throttle sudah terlepas dari mesin dan siap dibersihkan. Sebelum memulai membersihkan lepas dahulu intake manifold menggunakan kunci T 10 / Kunci pas 10. Setelah terlepas sekarang tinggal membersihkan throttle menggunakan bensin, sikat gigi / kuas, lap majun. 
Setelah selesai keringkan dan simpan di tempat bersih. Cuci juga sekalian baut baut yang tadi dilepaskan.
Setelah semua bersih dan kering dengan lap majun, pasang kembali rangkaian throttle. Dan pasangkan kembali pada blok mesin sesuai dengan tahap pelepasan / bongkar.
Cek dan pastikan tidak ada baut ataupun part yang tersisa. Jika ada cek secara keseluruhan menghindari masalah pada motor beat street kita. 
Melepaskan dan membersihkan Busi 
  1. Pertama lepas cangklong busi dengan cara ditarik. Dan lepas busi menggunakan kunci busi dibantu dengan batang obeng. 
  2. Setelah terlepas, bersihkan busi menggunakan Bensin dan sikat. Dan cek apakah masih bagus apa sudah jelek / gosong parah.
  3. Cek juga jarak / celah busi, pastikan sesuai standar ahass kira-kira 0.5 - 0.7 mm. Kira-kira saja kalo memang tidak ada alat ukurnya.
  4. Pasang kembali busi dengan benar, jangan terlalu kencang menghindari loss pada ulir dudukan busi. 


Melepas dan membersihkan Filter udara 
  1. Pertama lepaskan Cover filter udara menggunakan Obeng plus. 
  2. Lepaskan filter udara, cek dan pastikan masih dalam keadaan bagus. 
  3. Cuci menggunakan bensin dan sikat. Jemur diterik matahari sampai benar-benar kering.
  4. Setelah kering pasang kembali filter udara.

Proses Tune up Beat Street 2017 sudah selesai, pastikan tidak ada komponen yang tertinggal atau tidak terpasang pada Beat street 2017 kita, akan sangat berbahaya jika ada satu saja komponen teringgal / tidak terpasang.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, Silahkan kometar jika ada yang perlu ditanyakan, sedikit banyaknya akan coba saya jawab. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Artikel lainnya silahkan dilihat
Penyebab jebolnya pulley belakang beat
Cara mengakali roller beat yang sudah aus / peang
Mengenal sistem transmisi cvt pada motor matic 


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih