Skip to main content

Pulley belakang cvt matic jebol, perhatikan item yang hanya 15 ribuan ini

Motor matic dilengkapi dengan sistem yang namanya cvt atau dengan kepanjangan Continously variable transmission. Cvt sendiri berfungsi sebagai pengganti sistem perseneling dan rantai yang ada pada motor laki atau bebek, cvt meneruskan putaran dan tenaga dari mesin ke bagian gardan dan berujung ke roda agar motor matic bisa melaju.


Ada satu kasus dimana salah satu komponen didalam cvt jebol karena kekeringan dari yang namannya greas/pelumas, kurang terawatnya atau kurang servis cvt dapat mengakibatkan pulley bagian belakang atau disebut juga secondary pulley jebol pada suatu saat nanti. Kenapa bisa pulley belakang jebol, karena didalam rangkaian pulley belakang / secondary pulley terdapat proses pergerakan yang membutuhkan greas / pelumas, jika pelumas / greas ini tidak dicek atau ditambah secara berkala saat servis maka komponen didalamnya seperti 3 pin slider nya akan aus memakan bagian dari pulley belakang, maka mengakibatkan si pulley cvt bagian belakang jebol. Ketika pulley belakang jebol adalah suatu hal yang merugikan pemilik sepeda motor matic apapun, karena hanya tidak mengecek / tidak menambahkan greas / pelumas, motor matic kita harus mengganti satu set pulley belakangnya dengan harga yang cukup lumayan sekitar 200 ribu sampai 400 ribuan, dibanding dengan menambahkan greas / pelumas setiap servis nya hanya 15 ribu saja.

Servis berkala pada cvt sebaiknya dilakukan setiap kita mengganti oli dan servis biasa / tune up, agar cvt tetap terjaga dari kerusakan apapun karena akan berakibat fatal juga jika kurang terkontrol dengan baik. Bisa saja v belt yang harusnya sudah ganti tiba-tiba putus di tengah jalan, kan sakit. Maka dari itu servis lah motor matic kita secara rutin, mungkin sekitar 3000 - 4000 km sekali jika motor matic kita dipakai secara normal harian.

Comments


  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih