Skip to main content

Motor karburator nembak nembak, ini penyebabnya

Assalamu'alaikum wr wb.
Tedeye.blogspot.com
Kini kita akan berbagi tips tentang sepeda motor yang tersendat-sendat / knalpot nembak dan bahkan mogok,  itu terjadi pada sepeda motor dengan sistem karburator bervakum.



Setiap tarikan gas diturunkan langsung dari  knalpot nembak nembak, bahkan tidak jarang yang membuat kita jengkel adalah mesin sepeda motor  kita tiba-tiba langsung mati begitu saja. Hal ini yang membuat kita kurang nyaman pada saat berkendara dengan jarak yang cukup jauh. Kondisi seperti ini biasanya dirasakan oleh pengguna sepeda motor  berkarburator yang dengan menggunakan sistem vakum.

Pada karburator terdapat selang vakum, Selang vakum yang ada di intake manifold sudah sobek alias bolong, ini yang menyebabkan motor tersendat-sendat atau bahkan mati dengan ciri knalpot nembak , selang vakum berfungsi untuk menyedot bahan bakar yang ada di tangki agar bisa tersuplai ke karburator. Jika terjadi kebocoran maka manifold mengalami kebocoran vakum yang mengakibatkan proses pencampuran bahan bakar dengan udara tidak bekerja dengan baik atau maksimal, serta suplai bahan bakar dan udara pun ke ruang bakar menjadi tidak maksimal sehingga pembakaran tidak sempurna dan terjadilah pada sepeda motor kita tersendat-sendat / mogok dan atau nembak pada knalpot.

Solusi darurat yang dilakukan adalah memotongnya, karena biasanya patahan atau sobekan terjadi pada ujung atau sambungan selang tersebut. Kita potong saja dan pasangkan kembali ke manifold nya. Atau jika  memang dekat dengan bengkel lebih baik kita ganti saja dengan yang baru agar lebih awet dan kita juha nyaman dalam bepergian jauh.

Tips ini mungkin sangatlah receh tapi semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr wb.

Tips lainnya
Cara mudah pasang Hidrolik jok motor
Cara mudah mengganti roller motor honda beat
Tips agar motor matic melesat tanpa bore up

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih