Bentuk dan tampilan shock breaker pada motor asli (OEM) selalu sama. Jika bocor atau rusak, gantilah shock breaker orsinil atau sekarang banyak pilihan shock breaker variasi.
Nah, untuk yang variasi biasanya shock breaker dilengkapi dengan tabung.
Beberapa anak muda, menggunakan shock breaker yang dilengkapi tabung buat gaya atau tampilan motor makin ganteng.
Padahal, bukan untuk itu alasan tabung dipasangkan di shock breaker.
Tabung pada shock breaker punya fungsi untuk menstabilkan redaman.
Silahkan baca artikel lainnya
Kelebihan dan kekurangan combi brake sepeda motor
Tips agar motor matic melesat tanpa bore up
Dalam tabung, selain ada piston, juga ada nitrogen dan oli, Cara kerjanya, piston akan terdorong oleh oli saat suspensi menerima tekanan, selanjutnya piston yang terdorong akan distabilkan oleh tekanan nitrogen.
Selain itu, nitrogen ini juga punya fungsi lain yaitu untuk mendinginkan oli, karena oli pada suspensi akan memanas seiring bekerjanya suspensi.
Di luar kedua fungsi tersebut, tabung piggyback pada sokbreker biasanya juga berfungsi untuk melakukan pengecekan atau maintenance kondisi sokbreker.
Dijelaskan Acho, pengecekan tabung dan shock breaker biasanya setiap 10.000 km-15.000 km sekali.
Comments
Post a Comment