Skip to main content

Kelebihan dan kekurangan combi brake sistem sepeda motor

Kelebihan dan kekurangan combi brake sepeda motor

Teknologi terbarukan yang dipakai oleh salah satu pemasok sepeda motor yaitu honda. Rem adalah suatu sistem dalam kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan atau sekaligus memberhentikan kendaraan sesuai porsi yang kita lakukan dalam proses pengereman.

Pada dasarnya rem pada sepeda motor itu ada dua, yaitu rem depan dan rem belakang. Rem depan lebih sedikit digunakan oleh pengendara sepeda motor dibandingkan rem belakang, kenapa? Karena rem belakang lebih safety dalam proses rem walau sampai roda belakang berhenti total pada saat sepeda motor maaih melaju dan biasanya diakhiri oleh rem depan yang bekerja belakangan untuk menstop sepeda motor sampai benar-benar berhenti. Rem depan tak dipakai untuk pengereman diawal karena itu terlalu berbahaya yang bisa menyebabkan sepeda motor oleng dari kemudi yang tak kuat menahannya. Dan sebaliknya rem belakang lebih aman / safety karena akan tertahan swing arm walau roda stop total.

Dengan hal ini honda mengeluarkan sistem yang bernama combi brake sistem.
Combi brake sistem beroperasi saat tuas rem belakang ditarik rem belakang akan beroperasi terlebih dahulu dan untuk rem depan lebih sedikit beroperasi. Ketika tuas rem belakang full ditarik, rem belakang full beroperasi dan rem depan setengahnya beroperasi.

Tapi untuk combi brake sistem pada sepeda motor ini ada pro kontra atau kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan combi brake sistem
Pengereman lebih maksimal dan safety dalam berkendara, yang mengkombinasikan antara rem depan dan belakang sehingga pengereman berjalan maksimal dan sangat aman.

Kelemahan combi brake sistem
Pengereman tuas rem belakang sedikit lebih keras dibandingkan dengan tanpa sistem ini karena beroperasi dua rem sekaligus  yang membuatnya harus menarik dua rem depan dan belakang. Dan satu lagi yaitu borosnya kampas rem secara bersamaan antara depan dan belakang.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan combi brake sepeda motor, bagaimana pun sistem yang ada di sepeda motor kita, secanggih apapun yang terpenting adalah berhati dan selalu memakai perlengkapan sepeda motor yang lengkap terutama helm untuk safety kita dalam berkendara.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih