Skip to main content

Cara mengatasi motor matic berebed / tersendat-sendat


Cara mengatasi motor matic berebed / tersendat-sendat 

Bismillahirrahmaanirrahiim
assalamualaikum

Sepeda motor matic seringkali mengalami trouble atau masalah yang tidak diduga dipertengahan jalan. Dalam kasus yang saya alami ini cukup membuat saya kebingungan dalam menangani atau mencari akar masalahnya yang padahal penyebabnya sepele. Trouble yang saya alami adalah berebed atau motor berjalan tersendat-sendat parah. 

Dalam pengalaman yang saya alami ini cukup membuat saya terlambat berangkat bekerja karena terjadi saat pagi hari saat akan menuju tempat kerja motor yang saya gunakan berebed parah atau tersendat-sendat cukup parah. Motor matic berebed ini saya kira habis bensin karena memang kebetulan Indikator bensin sudah mulai menuju ke huru E (empty) setelah saya isi bensin ternyata hasilnya masih sama motor matic berebed masih berlangsung.


Penyebab utama motor matic berebed atau tersendat-sendat ini ternyata dari konektor busi atau cangklong busi yang sudah rusak parah berkarat dan alhasil busi tidak maksimal menghasilkan pengapiannya.
Penyebab utama motor matic berebed ini sangatlah sepele sebenarnya karena hanya cangklong busi yang rusak dan berkarat yang kurang kontrol dari saya.
Kenapa cangklong busi karat bisa mengakibatkan motor berebed karena cangklong busi ini berfungsi cukuo vital pada sepeda motor yaitu meneruskan tegangan listrik dari koil ke busi yang akan dipercikan saat waktu pembakaran. Maka dari itu jika cangklong busi tidak optimal mengalirkan listrik ke busi maka jalannya kendaraan tidak akan optimal juga atau isa disebut berebed dalam bahasa Jerman nya. 


Setelah tau bahwa penyebab berebed motor matic saya rusaknya cangklong, karena masih pagi jadi cukup lama mencari bengkel motor yang buka dan akhirnya ketemu bengkel nya dan motor matic saya yang mulanya berebed sekarang sudah normal kembali. 

Terima kasih semoga bermanfaat. 
Wassalamu'alaikum. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih