Skip to main content

Tips agar kendaraan nyala dengan aman setelah terendam banjir

Bencana memang tidak tahu kapan terjadi, yang tiba-tiba saja menerpa kita. Yang kali ini musim hujan sudah tiba dan curah hujan pun tidak menentu adanya, tidak bisa diperkirakan, pagi dan siang cerah tapi tiba-tiba sore hujan sangat lebat bahkan sebaliknya.

Ada sedikit masalah untuk pengguna sepeda motor yang mana motornya terendam banjir selama berhari-hari atau yang hanya melintas saja tapi tiba-tiba mati di tengah jalan. Ini merupakan salah satu dari penyebab masuknya air atau air menyumbat lubang exshaust knalpot motor kita atau yang lebih parah masuk ke ruang kompresi, yang bisa-bisa mtor kita harus turun mesin fatalnya jika setelah terendam banjir.


Beberapa tips dalam penanganan sepeda mmoto kita setelah terendam banjir berhari-hari.

Pertama, JANGAN nyalakan kendaraan atau sepeda motor kita dahulu karena ditakutkan sudah banyak terdapat air dalam mesin sepeda motor kita. Dan lepaskan kabel aki untuk menghindari konsleting listrik.

Kedua, untuk kendaraan Yang terendam Berhari-hari, kuras oli mesin sepeda motor kita dikhawatirkan terdapat banyak terdapat air. Jika benar terdapat banyak air, ganti oli mesin sepeda motor kita, pertama gunakan duli oli yang murah saja karena ini nantinya akan kita kuras lagi dan mengganti dengan oli standarnya yang biasa dipakai. Setelah menguras oli selesai.

Next, lepas busi sepeda motor kita bersihkan businya, dan nyalakan sepeda motor kita dengan menggunakan kick starter / diselah berkali-kali minimal tiga kali sampai air dalam ruang kompresi keluar semua. Setelah itu pasang kembali busi dan semprotkan angin pada cangklong busi karena pasti terdapat air juga.


Selanjutnya, kita cek juga bagian tangki bensin dan sebaiknya kita kuras juga, dikhawatirkan terdapat banyak air setelse terendam banjir. Gunakan selang untuk mengurasnya dan ganti dengan yang baru. Tapi jika dirasa masih bagus hiraukan tips yang ini.

Jangan lupa pasangkan kembali kabel aki yang sudah kita lepas diawal tadi.

Sekarang kita coba nyalakan sepeda motor kita yanh sudah selesai service setelah terendam banjir berhari-hari. JANGAN GUNAKAN STARTER LISTRIK, gunakan kick starter untuk menghidupkannya. Dan biarkan dalam kondisi stasioneri atau kondisi gas langsam selama 15 menitan. Jika sudah test drive sepeda motor kita tapi jangan digeber gasnya dikhawatirkan masih ada air di dalam ruang kompresi yang mengakibatkan terjadinya water hammer yang bisa merusak piston, ring piston, klep dan silindernya sendiri.


Sekian tips agar kendaraan nyala dengan aman setelah terendam banjir. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dijauhkan dari segala bencana.
Semoga tips diatas bisa membantu teman-teman semua. Terima kasih.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih