Skip to main content

Mengenal sistem idling stop system pada BeAt ESP



Mengenal sistem idling stop system pada BeAt ESP

Untuk sepeda motor Beat esp tipe CBS ISS dikhususkan dengan meggunakan suatu sistem yang mana mesin akan otomatis mati ketika berhenti lebih dari 3 detik dan ketika tuas gas ditarik mesin akan juga otomatis menyala kembali, sistem ini yaitu Idling stop system. Seperti hal namanya sendiri yaitu dari kata Idling dan stop. Idling berarti proses putaran mesin standby hidup dan stop berarti berhenti. Yang menjadi suatu sistem yang berfungsi menstop memberhentikan proses putaran mesin hidup standby.

Pada dasarnya fitur yang cukup membuat irit sepeda motor beat esp kita, karena ketika mesin otomatis mati ini secara tidak langsung memberhentikan suplay bensin juga terhadap mesin karena mesin mati. Fitur idling stop sendiri biasanya berfungsi ketika pengendara beat esp mendapatkan lampu merah disitulah idling stop system berjalan. Mesin akan otomatis mati dan ketika di gas hidup otomatis juga.

Idling stop system ini terdapat saklar yang dimana terdapat pada stir kendali sebelah kanan dekat tuas gas, disitu terdapat tulisan IDLING dan IDLING STOP. Dan idling stop system juga dilengkapi Lampu indikator pada Speedometer set dengan bentuk huruf A dilingkari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada idling stop system ini terkait pengaktifan mode ON ataukah OFF, Indikator jika idling stop system bekerja dan keamanan ketika menggunakan idling stop system.


Langkah pemindahan Idling stop system ke mode ON atau OFF
ON : IDLING STOP
Indikator idling stop system emnyala ketika idling stop system siap untuk mematikan mesin saat mengendarai skuter matic kita.
Indikator idling stop system berkedip-kedip ketika putaran mesin dihentikan oleh Idling stop system.

OFF : IDLING
Ketika Idling stop sistem tidak dinyalakan maka lampu indikator di speedometer tidak menyala.

Aktivasi Idling stop
Idling stop sistem siap untuk memtaikan mesin dan indikator idling stop akan menyala apabila hal-hal berikut telh terpenuhi pada saat saklar idling stop berada pada posisi IDLING STOP.
Menghidupkan mesin dengan tombol starter.
Mesin telah cukup panas
Skuter dikendarai pada kecepatan lebih dari 10 km/jam.
Catatan : Idling stop system hanya akan bekerja apabila benar-benar berhenti atau 0 km/jam.

Indikator idling stop system akan menyala, ada beberapa factor indikator idling stop tidak menyala.
Apabila menghidupkan mesin menggunakan kick starter
Jika mesin dingin
Jika skuter matic tidak berjalan atau tidak dikendarai sampai lebih dari 10 km/jam
Jika lampu indikator mal-fungsi dan PGM-FI menyala
Jika tegangan baterai rendah


Hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan dalam menggunakan Idling stop system
Jangan sampai meniggalkan skuter matic selama lampu indikator idling stop masih berkedip-kedip. (Mesin tidak dapat dimatikan ketika idling stop masih menyala dan kunci kontak ON)
Selalu matikan kunci kontak ke posisi OFF dan lebih aman lagi cabut kunci motornya
Menggunakan idling stop dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan berkurangnya tegangan Baterai.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih