Skip to main content

Mengenal dan cara mengganti oli yang baik Beat Esp




Mengenal dan cara mengganti oli yang baik Beat Esp

Konsumsi Oli pada sepeda motor berbeda-beda, ada yang boros tiba-tiba Oli surut begitu saja ada awet hingga setahun pun masih pada batas yang aman. Kondisi sepeti ini terjadi biasanya karena bedanya cara mengendarai pada setiap pengendara, ada yang main tarik gas saja, ada yang teratur, adayang memang penggunaan skuter maticnya hanya sesekali saja setiap harinya jadi oli akan terasa awet. Berbanding terbalik dengan yang penggunaannya ekstrim lebih dari 50 km per harinya, ini akan membuat oli mesin akan cepat menua kualitasnya dan bahkan surut.

Dalam hal ini kita perlu, bahkan sangat perlu untuk rutin mengecek keadaan oli mesin apakah masih layak pakai atau tidak, apakah masih dalam batas volume oli yang diharuskan pada skuter matic kita. Ciri-ciri oli mesin yang masih layak pakai adalah masih berwarna kuning keemasan cerah tidak keruh dan untuk volume oli sendiri diatas garis low atau di antara low dan high, jika di beat esp berada pada jarum pengecek oli mesin yang bertekstur seperti arsir, itu masih aman volume olinya.


Ada sedikit tips mengenai cara memeriksa Oli mesin Beat ESp.



  • Jika mesin motor Beat Esp kita dingin, Nyalakan mesin dan biarkan di posisi stasioner selama 3 menit atau sampai 5 menit cukup.
  • Matikan mesin Beat ESp kita dengan memutar kunci kontak ke posisi OFF dan tunggu lagi sampai sekitar 3 atau 5 menit.
  • Posisikan motor Beat Esp kita pada posisi standar dua / standar tengah di area yang permukaannya rata agar motor Beat Esp kita aman saat proses cek oli mesin Beat Esp.
  • Lepaskan tutup Oli mesin Beat Esp dengan menggunakan Tang, Kalau ingin lebih safety agar tidak lecet gunakan juga majun / lap. Dan setelah terlepas bersihkan area ujung yang yang untuk mengukur volume oli mesin Beat Esp.
  • Masukan / Pasang kembali tutup oli mesin Beat Esp sampai mentok dan lepas kembali untuk mengecek kondisi oli mesinnya.
  • Periksa / cek apakah kondisi oli mesin berada apakah diantara tanda batas permukaan teratas dan terbawah pada tangkai pengukur oli mesin, Jika diantara tanda batas atas dan bawah berarti volume oli mesin Beat Esp dalam kondisi aman. dan jika dibawah tanda batas bawah berarti kondisi oli mesin Beat Esp kurang dan harus dilakukan ganti oli mesin pada Beat Esp kita.
  • Setelah memastikan atau memeriksa kondisi oli mesin pasang kembali tutup oli mesin sampai kencang.

Ketika kondisi Oli mesin Beat Esp kita dalam kondisi kurang atau dibawah batas bawah pada tangkai pengecek oli kita harus mengganti oli mesin Beat Esp kita se segera mungkin bahkan harus pada saat itu juga. Untuk Cara mengganti oli mesin Beat Esp kita akan bahas juga. Cekidot.

Cara mengganti Oli mesin Beat Esp 2019.
  • Parkirkan kendaraan Beat Esp kita pada tempat yang rata agar aman.
  • Siapkan kunci Shock ukuran 12, bak penampung oli, lap majun, tang, air gun kompresor, dan oli baru ( direkomendasikan dari produk Honda asli seperti MPX atau SPX)
  • Jika mesin motor Beat Esp kita dingin, Nyalakan mesin dan biarkan di posisi stasioner selama 3 menit atau sampai 5 menit cukup. Dan matikan mesin Beat ESp kita dengan memutar kunci kontak ke posisi OFF dan tunggu lagi sampai sekitar 3 atau 5 menit. agar kotoran yang ada di oli mesin ikut terkuras nantinya.
  • Buka terlebih dahulu Tutup oli mesin menggunakan Tang dan lap majun.
  • Buka baut penguras yang posisinya berada di bawah mesin Beat Esp kita menggunakan kunci shock 12, Hati-hati jangan sampai slek. dan segera siapkan bak penampung oli agar tidak meluber kemana-mana.
  • Setelah oli keluar biarkan dahulu sampai habis dengan tertampung di bak penampung sampai tetes terakhir dibantu dengan menggunakan air gun kompresor .
  • Setelah selesai oli terkuras habis. Pasang kembali baut 12 yang berada dibawah mesin tadi sampai benar-benar kencang.
  • Siapkan Oli baru buka dan tuangkan pada lubang pengisian oli mesin Beat Esp. Pasang kembali tutup oli mesin Beat Esp.
  • Setelah semuanya selesai, Lap semua kondisi yang tercecer oli pada kendaraan ataupun pada permukaan lantai untuk meghindari terjadinya terpeleset dan jika di kendaraan untuk mengecek apakah ada kebocoran oli dan sebagainya.
  • Nyalakan Beat Esp kita, biarkan pada posisi stasioner dan motor siap digunakan kembali.


Comments

  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih