Skip to main content

Mengenal alat ukur yang biasa dipakai di dunia industri otomotif

Pada dasarnya di dunia industri terdapat beberapa proses, ambil contoh pada industri yang Finish good / barang jadinya kendaraan mobil ataupun sepeda motor.
Disana terdapat beberapa proses yang dimana setiap prosesnya itu dilakukan pengecekan kualitas biasanya dilakukan oleh inspector / quality control di tiap prosesnya. Industri manufaktur kendaraan mobil atau motor biasanya terdapat proses yang namanya Stamping, Welding, Sealing, Coating, Painting, Polishing, Sampai ke proses Assembling serta ada juga proses repair ketika barang jadi tersebut masih ada kekurangan atau ada yang perlu direpair. Setelah semua itu selesai disana terdapat proses Final inspection atau disebut juga Tahap pengecekan akhir. Disini prosesnya cek kelengkapan, kualitas, fungsi, test drive dan lainnya.
Pada setiap proses juga terdapat proses pengecekan kualitas. Misal di Stamping disana material plat metal di press menjadi suatu part pretelan / komponen untuk sebuah mobil. Pada proses stamping contoh pengecekannya yaitu cek apperance, cek dimensi dimana ada lubang yang harus dipastikan ukuran diameternya dan lain-lain. Itu mungkin sedikit pengetahuan saya tentang dunia industri begitupun prosesnya.
Sekarang kita akan fokus membahas apa saja alat ukur yang dipakai pada dunia industri otomotif.

1. Vernier caliper
Sudah sangat populer alat ukur yang satu ini, banyak digunakan disetiap proses ataupun momen. Vernier caliper banyak juga nama lainnya yang mungkin belum kita ketahui, misalnya jangka sorong, sigmat, caliper. Vernier caliper berfungsi atau digunakan untuk mengecek dimensi suatu part contohnya diameter part, thickness / ketebalan part, gap / celah antar part, kedalaman part.

2.Micrometer
Dalam dunia industri otomotif alat ukur yang satu ini berfungsi sama untuk mengecek thickness / ketebalan suatu part. Tapi Micrometer ini mempunyai keakuratan yang lebih dibandingkan vernier caliper. Micrometer bisa mengukur thickness part yang sangat tipis sampai dengan hasil 0.01. Alat ukur ini biasa dipakai di dunia industri untuk cek thickness painting, thickness part plating dan lainnya.

3. Scale / Penggaris
Pada dasarnya pengggaris atau scale ini sudah kita kenal sejak menginjak bangku sekolah, dimana kita memakainya untuk menggambar. Berbeda dengan di dunia industri penggaris / scale ini benar-benar digunakan sesuai fungsinya yang dimana untuu mengukur dimensi sebuah part panjang atau lebar ataupun tinggi, mengukur jarak antar part, mengukur bidang rata dan lainnya.

4. Tapper
Alat ukur yang satu ini berfungsi untuk mengukur gap atau celah pada suatu part ataupun gap / celah antar part. Salah satu Contohnya yaitu mengecek gap pada pintu mobil yang bersinggungan dengan main body mobil.  Yang biasanya standard gap pada mobil sekitar 3 mm dengan toleransi 0.5 mm ataupun 1.0 mm. Tapper juga biasanya dipakai untuk proses pengukuran dimensi suatu part pada Checking Fixture.


5. Danchi Caliper / Dansha Caliper
Danchi caliper atau yang bisa disebut juga Dansha caliper ini alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu kerataan sebuah part yang dimana pengukuran dimensi ini dilakukan disebuah alat bantu ukur yaitu Checking Fixture. Pengukuran kerataan dicek berdasarkan rata atau tidaknya part terhadap Checking fixture.

6. Pin gauge
Pin gauge adalah sebuah alat ukur yang berupa sebuah pin yang sudah terbentuk dengan ukuran diameter yang akurat, pin gauge terdapat dari ukuran terkecil yaitu 0.1 mm sampai terbesar 10 mm dan seterusnya. Pin gauge ini berfungsi untuk mengukur gap atau celah pada suatu part ataupun gap / celah antar part. Untuk gap suatu part sendiri itu dicek pada Checking fixture, dimana pengecekan dilakukan mengukur gap part terhadap Checking fixture. Fungsinya hampir sama seperti Tapper yang sudah kita bahas tadi.

Sementara itu dulu yang bisa kita bahas, sebenernya masih banyak lagi alat-alat ukur yang dipakai pada dunia industri otomotif, mungkin dilain kesempatan akan kita bahas lebih lanjut.
Terima kasih. 

Comments

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih