Skip to main content

Penyebab combi brake blong. Ini solusinya

Scooter matic honda sekarang pada sistem rem nya dilengkapi fitur yang cukup canggih yaitu combi brake. Combi brake bekerja pada sistem pengereman yang mengkombinasikan rem belakang dengan rem depan, ketika tuas rem belakang ditarik dengan secara bersamaan rem depan ikut bekerja secara perlahan, dengan demikian keduanya bekerja secara bersamaan disebut dengan combi brake.
sistem pengereman dengan fitur combi brake hanya cocok untuk di trek lurus atau jalanan kota saja, dan sangat tidak cocok untuk jalan menikung dengan metode cornering, combi brake sangat berbahaya untuk cornering karena rem depan ikut bekerja dan ini sangat beresiko untuk cornering.

Ada sedikit kendala pada sistem combi brake ini, yaitu blong saat pengereman. Ini terjadi karena stelannya yang sudah cukup longgar atau jauh untuk rem belakangnya. Dan sama untuk stelan kabel ke arah rem depan juga sudah mulai longgar.


Cara mengatasinya ialah menyetel stelan combi brake pada kabel rem yang ke tuas rem depan, dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam, coba tarik tuas rem belakang apakah sudah cukup nyaman dan setel juga baut penyetel rem belakang. Sesuaikan sampai roda benar-benar nyaman di rem, tapi jangan sampai roda terkunci karena setelan terlalu dalam pada rem belakang, ini akan menyebabkan berat ketika kendaraan berjalan dan kampas rem belakang cepat aus.

Pada sistem rem combi brake ini memang banyak pro kontra, ada yang bilang berbahaya ada juga yang bilang aman nyaman. Seperti yang saya bahas tadi di atas memang sistem rem combi brake itu sangat tidak cocok untuk jalan menikung dengan metode cornering, karena akan sangat berbahaya ketika cornering ban depan ikut rem secara maksimal.

Sekian pembahasan tentang penyebab combi brake blong. Semoga bermanfaat. Dan tetap berhati-hati ketika berkendara.

Comments

  1. ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih