Skip to main content

Velg pecah / retak setelah press, ini solusinya







Velg pecah / retak setelah di press, ini solusinya
Assalamualaikum wr wb
Kali ini kita akan membahas tentang salah satu item yang ada di sepeda motor yang terbilang sangat vital yang meneruskan putaran dari mesin dan cvt ke ban dan jalan yaitu velg. Yang akan kita bahas sekarang ini adalah velg tipe Cw / casting wheel atau sebutan bengkel ialah velg racing.
Permasalahannya kali ini adalah velg yang pecah / retak setelah di press yang awal nya penyok terkena lubang, penyok yang cukup parah mengakibatkan proses press velg menjadi sulit walaupun dibantu dengan burner / dibakar tetap saja retak hasilnya setelah di press, hal ini membuat pemilik sepeda motor gusar karena masa harus mengganti velg atau menggunakan ban tipe biasa / tidak tubeless yang terbiang cukup merepotkan ketika ban bocor dan lain sebagainya. Apalagi harus ganti velg yang harga terbilang cukup mahal menguras kantung celana kita.
Solusi dari hal ini di salah satu tempat press velg di Cikampek Karawang memberi saran untuk memberikan atau menambal retakan menggunakan lem besi yang terdiri dua gel yang dicampurkan.

Langkah pertama ialah gosok dahulu bagian retak di velg bagian dalam menggunakan ampelas dan bersihkan agar si lem menempel maksimal.

Kedua, siapkan lem yang terdiri dari dua gel campurkan dengan porsi yang sama dan dikira-kira cukup untuk menambal bagian retaknya.
Ketiga, oleskan lem besi yang sudah tercampur rata ke velg bagian dalam yang retak secara merata dan padat.
Setelah ini keringkan di terik matahari atau di angin angin dmsaja cukup sekitar setengah jam.
Proses penambalan selesai dan insyaallah velg kembali normal bisa digunakan untuk ban tubeless seperti sedia kala.
Ini adalah real pengalaman yang terjadi pada sepeda motor saya dan sampai sekarang alhamdulillah tidak bocor sedikit pun. Untuk lebih kuat lagi boleh ditambahkan cairan anti bocor.
Semoga bermanfaat terima kasih.

Comments


  1. ayo daftarkan diri anda di a*g*e*n*3*6*5 :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih