Skip to main content
Alat ukur scale /penggaris teknik dan tapper 

Di dunia industri otomotif yang memproduksi berbagai jenis part untuk jenis kendaraan sepeda motor ataupun mobil, dari bagian terbawah yaitu ban sampai ke bagian atap mobil penuh dengan keakuratan pengecekan dari segi dimensinya. Beberapa pengecekan pun dilakukan agar hasil atau kualitas yang dihasilkan bagus dan tahan lama sehingga memuaskan customer yang memebelinya.

Alat ukur banyak dipakai di industri otomotif dan sangat beragam berbagai macam jenisnya dari yang untuk mengukur panjang pendek, celah / gap, suhu, levelness / kerataan, glossy meter, dial indicator, micrometer, vernier caliper, scale, tapper dan masih banyak lagi sebenarnya. Salah satu yang digunakan di industri otomotif yaitu scale / penggaris teknik dan Tapper yang akan kita bahas saat ini.
Kita akan bahas satu persatu dahulu alat ukur yang digunakan di industri otomotif ini. Kita mulai dari scale / penggaris teknik.

Scale / penggaris teknik ini sering dan sangat banyak digunakan di industri otomotif. Alat ukur ini sangat dasar dan aemua orang bisa menggunakannya. Walau fungsi nya hanya untuk mengukur panjang saja dengan skala 0.5 mm dan panjangnya biasanya ada yang 130 mm ada juga yang 15 mm. Scale / penggaris teknik biasanya sering dipakai oleh departemen atau bagian bagian disana terdapat banyak proses pengukuran dimensi pada oart yang sedang diproduksi atau diproses untuk mencapai keakuratan dan menghasilkan part atau barang di ngan kualitas yang ok atau pun masuk terhadap standar dengan toleransi yang ditetapkan pada drawing part. Departemen yang sering memakai scale / penggaris teknik ini ialah Quality, Machining, CNC, Bubut, dan terkadang bagian departemen produksi pun memakainya karena memang scale sendiri adalah alat ukur yang paling mendasar dan sering kali digunakan.
Contoh penggunaan scale / penggaris teknik yaitu pengecekan terhadap panjang dan lebar part, diameter lubang atau oart itu sendiri jika bentuknya bulat, tinggi part, tebal part dan banyak lagi. Kenapa scale banyak digunakan hampir disetiap departemen karena alat ukur ini sangat praktis untuk dibawa dan digunakan, walaupun memang keakuratannya lebih bagus vernier caliper.

Tapper adalah part yang digunakan untuk mengukur celah / gap, bisa juga diameter lubang pada suatu part dengan skala 0.1 mm, dengan angka dari 0 sampai dengan 15 mm biasanya. Tapper biasanya satu paket dengan scale / penggaris teknik bagai dua sahabat yang tidak bisa dipisahkan. Kenapa, karena tapper juga adalah alat ukur yang dasar dalam industri otomotif dan sering kali digunakan hampir semua departemen di perusahaan otomotif, tapi sering nya itu digunakan oleh departemen quality.

Kedua alat ukur ini scale / penggaris teknik dan Tapper ini sangat penting untuk sebuah perusahaan otomotif, tidak akan sampai jika sebuah perusahaan otomotif tidak memakai alat ukur ini terutama di bagian quality karena sangat dasar dan sangat dibutuhkan agar tidak trrjadi kekeliruan saat pengecekan part apalagi hanya dsbgan menggunakan feeling  itu akan sangat fatal jika terjadi kesalahan aaat pengecekan, karena dimensi sebuah part itu mutlak harus ok dan masuk standar toleransinya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih