Skip to main content

Keutamaan shalat berjamaah, Tentang Islam


Sholat berjamaah di masjid bagi kaum muslimin adalah sebuah keutamaan. Mari kita simak kisah berikut yang penulis kutip dari kisahikmah.com (5 Desember 2017).

Imam Ubaidillah bin ‘Umar al-Qawariry. Beliau merupakan salah satu guru utama Imam al-Bukhari yang kitab Shahihnya melegenda dan dirujuk oleh hampir seluruh kaum Muslimin di berbagai penjuru dunia. Imam Ubaidillah ini sangat menjaga shalat berjamaah di masjid. Namun, suatu hari, beliau tertinggal dari menjalankan shalat 'Isya berjamaah. Sebuah riwayat menyebutkan, beliau menerima tamu dan membicarakan urusan yang serius terkait umat.


Sepulangnya tamu tersebut, beliau bergegas menuju masjid. Rupanya, jamaah sudah bubar. Beliau pun berkeliling ke sekitar masjid hingga daerah yang jauh dengan satu tujuan; mencari kaum Muslimin yang belum melakukan shalat "Isya berjamaah.

Lama berkeliling dan bertanya kepada setiap orang yang ditemui, beliau mendapati jawaban yang sama, “Saya sudah shalat ‘Isya berjamaah.” Alhasil, beliau pun pulang dan berniat shalat di rumah.

Sebagai salah satu ijtihadnya berdasarkan hadits keutamaan shalat berjamaah yang bernilai dua puluh tujuh derajat, Imam Ubaidillah pun melakukan shalat ‘Isya di rumahnya sebanyak dua puluh tujuh kali.

Kelar shalat, beliau tertidur dan bermimpi beliau tengah berlomba, memacu kuda. Beberapa orang dikenali di dalam mimpi itu. Rupanya, kuda mereka melaju lebih kencang. Beliau pun memacu tunggangannya sekuat tenaga. Agar bisa menyusul kuda lainnya.
Sumber: islamkajian.wordpress.com

Lama. Tapi nihil. Kudanya tak bisa mengungguli kuda lain. Beliau tertinggal. Kudanya lambat. Tak lama kemudian, datanglah seseorang seraya berkata, “Jangan dipaksa. Kau tidak akan bisa mengejar kami.”

Tanya sang Imam, “Memangnya kenapa?”

“Karena,” jawab sosok itu, “kami mendirikan shalat ‘Isya berjamaah.”

Sobat, kisah ini memberikan beberapa hikmah kepada kita, tentang keutamaan sholat berjamaah sebagai berikut:

1. Kebersamaan
Sumber: islamindonesia.id

Menariknya, Islam mengajarkan bahwa semakin bersama, hidup akan semakin baik. Kehidupan akan kurang berarti bila dijalani dengan sendiri - sendiri. Inilah ibadah yang sarat dengan filosofi rame - rame, memberikan keistimewaan bagi kebersamaan. Bila sholat dilakukan berjamaah/bersama, maka Allah akan memberikan balasan yang jauh lebih baik dibanding bila kita melakukannya sendiri. Dilansir oleh rumaysho.com (9 Mei 2017): "Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari, no. 645 dan Muslim, no. 650).

Seperti kisah Imam Ubaidillah, meski sudah mencoba mengganti ketinggalannya dengan sholat sendiri sebanyak 27 kali, dia tidak akan sanggup mengejar kerugiannya yang besar ketika ketinggalan sholat berjamaah.

2. Mempererat Silaturrahim

Silaturrahim adalah hubungan kekerabatan, bagaimana seseorang dapat membangun hubungan baik dengan sesama. Islam mengajarkan kita untuk saling menyayangi. Ketika sholat berjamaah, kita akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar kehidupan. Kesempatan itu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Banyak hal sederhana yang mendatangkan kebaikan saat kita bersilaturrahim. Bila bersalaman maka dosa - dosa kecil akan berguguran. Bila tersenyum, akan sama dengan memberi sedekah kepada saudaranya.

Apakah Sobat tahu keutamaan silaturrahim? Dia dapat memperpanjang umur yaitu beroleh berkah kehidupan, dan meluaskan rizki. Sebagaimana dilansir oleh bacaanmadani.com (Mei, 2016): Dari Anas bin Malik RA, di mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa ingin di lapangkan rezekinya dan di panjangkan umurnya, hedaklah ia bersilaturahim” (HR.Muttafaq ‘alaih).

3. Merasakan Kesetaraan

Semua jamaah sholat kedudukannya sama. Tidak ada beda satu dan lainnya apakah berdasarkan jabatan, kedudukan, harta dan keturunan. Kisah Imam UbaidiLlah membuktikan bahwa tidak ada keistimewaan sedikitpun baginya dalam hal sholat berjamaah. Meskipun beliau seorang imam, tidak ada kewajiban jamaah untuk menunggu. Ketika sudah tertinggal sholat berjamaah, maka resiko adalah tanggungan beliau sendiri.

4. Melatih Disiplin

Sholat mempunyai jadwal, tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Bahkan ada waktu - waktu yang justru diharamkan untuk sholat. Menegakkan sholat dapat melatih disiplin diri karena ada penjadwalan yang ketat. Terutama untuk membiasakan sholat di awal waktu, karena itu adalah sebuah amalan yang paling utama.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih