Skip to main content

Apa penyebab motor matic susah hidup? Ini penyebabnya


Jengkel memang ketika kita sedang terburu-buru untuk berangkat kerja dipagi hari, ataupun ketika mau ngapel dimalam minggu motor tiba-tiba susah hidup atau dinyalakan. Biasanya saking jengkelnya motor suka ditendang-tendang dipukul padahal takan berpengaruh sedikit pun malahan kita yang sakit. Tapi jika ada yang nendang atau mukul motor dan akhirnya motor hidup berarti ditangan atau kakinya sipenendang atau pemukul ada sebuah kekuatan tersembunyi.haha.
Kembali ke topik apa penyebab motor susah hidup. Banyak penyebab motor susah hidup tapi saya akan menyampaikan beberapa halnya.

Busi
Susahnya hidup sikuda besi bisa terjadi karena si busi sudah jelek tak layak pakai, pemercik api ini wajib normal karena busi memercikan api disaat puncak kompresi. cara mengetahuinya buka busi dan pasangkan ke kabel busi dan tempelkan busi ke body berbahan metal dan cob distarter, apinya akan terlihat tidak stabil sangat kecil, dari fisik juga sudah menghitam dan banyak keraknya.

Karburator
Karburator yang kotor bisa menyebabkan motor susah hidup, aing dan bensin di karburasikan tidak stabil bahkan mungkin tersumbat karena pilot jet main jet kotor. Sehingga bensin ataupun udara yang dihisap tidak sampai keruang kompresi. Solusinya rutin servis agar tetap bersih dan normal.

Fuel pump
Jika motor sudah menggunakan sistem injeksi disana akan terdapat fuel pump yang memompa bensin ke injektor untuk dikabutkan ke ruang kompresi. Jika fuel pump tidak normal atau rusak ya tidak akan ada bensin yang mengalir sama sekali. Jika ini terjadi ya kita harus menggantinya ke bengkel resmi terdekat.

Comments

  1. kalo motor yg masih pake busi, pasti kalo businya udah hitam atau kotor motornya sering mogok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sekarang juga masih pada pake busi gan. Kecuali elektrik. :-D
      Kalo udah item mending ganti. :-)

      Delete
  2. makasih infonya gan :)
    berguna banget hehe :D

    ReplyDelete
  3. MAkasih Info :D Berguna buat motor ane :D

    ReplyDelete
  4. thanks gan pantesan motor ane susah idup

    ReplyDelete
  5. wah manfaat bnget nih, kbrlan motor saya sering ngalamin bgini mas
    thank's sarannya

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat bgt gan,motor sy suka mati begini nih:3

    ReplyDelete
  7. Yang penting sering di cek atau di servis tiap bulan aja kalok saya gan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp

Mengenal dan cara mengganti sekring / fuse yang ada di beat esp Assalamualaikum wr wb Tedeye.blogspot.com Kunjungi channel youtube saya : TDY Sepeda motor skuter matik jaman now sudah sangat aman nyaman dalam segala hal, dari kelistrikan, kaki kaki, steering, rem dan lainnya. Pada dasarnya motor matic sekarase ini ebih canggih dan mengedepankan safety dalam segala hal. Sepeda motor matic yang kita akan bahas ialah milik saya sendiri Beat Esp yang tergolong laris di pasaran, bahkan merajai di kelasnya yaitu matic di atas 110cc. Pada beat esp yang akan kita bahas, kita akan lebih dalam lagi mengupasnya. Yaitu dari segi kelistrikannya. Kelistrikan beat esp sangat rapih dan safety dikelasnya. Safety nya yaitu terdapat beberapa sekring / fuse pengaman jika terjadinya sedikit pun konslet listrik. Dari ujung depan head light / lampu utama sampai lampu belakang / stop lamp semua terhubung atau terangkai aman melalui sekring / fuse tersebut. Pada tahu dimana letak sekr

Cara servis CVT beAt esp / FI

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalamu'alaikum wr wb  Link blog : Tedeye.blogspot.com Channel youtube : TDY Berbicara tentang sepeda motor matic, memang tidak lah luput dari yang namanya servis juga. Bukan berarti karena namanya matic yang dalam ekpektasi kita benar-benar maintenance free atau bisa tanpa perawatan,  itu salah besar. Kenapa? Karena motor matic pun sama halnya dengan sepeda motor pada umumnya seperti bebek, moge dan lainnya perlu perawatan perlu servis secara berkala. Jadi jangan sampai salah kaprah tentang motor matic, mentang mentang namanya matic ya tidak perlu servis. Kali ini kita akan membahas tentang cara servis CVT beAt esp /FI. Alat yang diperlukan untuk servis cvt. 1. Kunci T8 2. Kunci shock 17 & 22 3.Tracker 4. Kunci ring 39/41 5. Obeng min 6. Palu 7. Ampelas 8. Majun / lap Langkah-langkah membongkar cvt. 1. Parkirkan kendaraan sepeda motor matic di tempat yang rata dan posisikan standar dua. Agar proses servis cvt nyaman d

alat yang diperlukan saat bongkar cvt

Motor matic sekarang memang menjadi idaman semua kalangan, untuk itu saya berbagi ilmu tentang apa saja yang diperlukan saat bongkar cvt sendiri tanpa harus ke bengkel. Alat tersebut yaitu. 1. Kunci T 8 10 2. Kunci shock / ring 19 3. Kunci shock / ring 22   4. Tracker 5. Kunci ring pembuka kopling sentrifugal Baca juga : Cara membersihkan trhotle beat fi Tips merawat ban motor Cara tune up / sevis beat fi sendiri  6. Obeng (-) min 7. majun ( buat lap ) 8. Palu pasti diperlukan juga. Dan yang terakhir sebungkus rokok dan kopi. :D Itulah alat yang diperlukan pada saat bongkar cvt. Tapi hati-hati ''bisa bongkar gak bisa pasang'' hahaha. Terima kasih